Sunday, December 21, 2014

Emas (Au)

A. Emas (Au)
Emas   (aurum)  adalah  logam  mulia  berwarna   kuning,  mempunyai  warna goresan kuning, sangat  tidak  reaktip. Berat jenisnya 15 sampai 19, kekerasannya 3 dalam sekala  Mohs.
Mineral emas di alam di dapat sebagai emas murni (native Au),  calaverite  (Au  Fe),  sylvanite   [(Au   Ag)Te], krennerite  [(Au Ag)Te2], perzite [(Au Ag)Te3.  Biasanya emas  terdapat dalam cebakan pada berbagai macam  batuan seperti  batuan sedimen, batuan volkanik,  batuan  beku dan  batuan metamorf pada semua formasi geologi. Secara primer kebanyakan berasal dari lode yang  terjadi dari  larutan  hidrothermal yang berumur  relatif  lebih  muda dari yang terterobos.
B. Pengolahan
Pengolahan bijih emas secara cyanida, amalgamasi, flotasi, konsentrasi  gaya  berat  (gravity  consentration)   dan peleburan  (melting) atau secara kombinasi dari  proses-proses tersebut.
C. Penggunaan Emas
Penggunaan emas sebagian besar dipergunakan dalam bidang moneter dan perhiasan. Hanya sebagian kecil dipergunakan  dalam  bidang  industri  seperti  antara  lain  untuk  ; penyepuhan  hurup emas, photografi,  kedokteran  (gigi),  "ruby  gold  glass", kontak  termokopel  listrik,  karet tiruan dan perkakas laboratorium.
#Dunia Tambang

No comments:

Post a Comment

TOP ENTRIES

=

Klasifikasi Batubara

Batubara adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang hidup dan telah mati sejak 100-400 juta tahun yang lalu. Energi ...

POSTINGAN POPULER