Saturday, December 20, 2014

Mengukur Strike and Dip Menggunakan Kompas Geologi

1. Mengukur Strike (arah jurus) Caranya adalah sebagai berikut, tempelkan sisi E (east), kemudian geser gelembung nivo (bull's eye level) masuk kedalam/tengah lingkaran. Tunggu jarum kompas hingga tidak bergerak lagi atau pada posisi diam. Yang terakhir amatilah sudut jarum yg menuju sudut utara. Lalu tulis dengan benar arah dengan format N _ E.
2. Mengukur Dip (arah bidang) Caranyaah sebagai berikut: Tempelkan sisi W (west) badan kompas usahakan membentuk sudut 90 derajat terhadap strike. Kemudian clinometer diputar sampai gelembung udara tepat berada ditengah-tengahnya. Kemudian baca sudut dalam clinometer scale.
3. Mengukur Plunge
Cara mengukurnya sama dengan mengukur Dip, namun karena kita menggunakan struktur garis maka pakai bantuan buku, atau papan untuk mempermudah pekerjaan. Kemudian tempelkan sisi buku distruktur garis dan melakukan pengukuran disisi buku yg lain.
4. Pengukuran Trend
Yakni sama dengan pengukuran strike, bedanya yakni dengan bantuan buku karena yg diukur adalah struktur garis. Kemudian ukur sisi buku dengan menempelkan sisi buku pada struktur garis dan mengukur pada sisi datar buku atau papan.
5. Mengukur Pitch
Cara mengukurnya adalah dengan membuat garis strike dipermukaan bidang lalu ukur derajat antara struktur garis dengan strike dengan menggunakan mistar busur derajat.
#Dunia Tambang

No comments:

Post a Comment

TOP ENTRIES

=

Klasifikasi Batubara

Batubara adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang hidup dan telah mati sejak 100-400 juta tahun yang lalu. Energi ...

POSTINGAN POPULER