Saturday, December 20, 2014

Macam-Macam Pola Aliran Sungai

Ketika melakukan eksplorasi pada jenis endapan aluvial anda harus mempelajari pola aliran sungai untuk menuntun kepada tujuan eksplorasi yakni menemukan material berharga yang tertransport dan terendapkan pada suatu daerah.
Untuk itu kita harus tahu apa saja jenis dari pola aliran sungai tersebut. Berikut adalah gambaran tentang pola aliran sungai:
1. Pola Aliran Dendritik
Pola aliran dendritik adalah pola aliran yg cabang-cabang sungainya menyerupai struktur pohon.
2. Pola Aliran Radial
Pola aliran radial adalah pola aliran sungai yg arah alirannya menyebar secara radial dari suatu titik ketinggian tertentu, seperti puncak gunung api atau bukit intrusi.
3. Pola Aliran Rectangular
Pola aliran rectangular adalah pola aliran yg pada umumnya berkembang pada batuan yg resistensi terhadap erosinya mendekati seragam, namun dikontrol oleh kekar yg mempunyai dua arah dengan sudut saling tegak lurus. Pola aliran rectangular yakni lurus-lurus mengikuti sistem kekar.
4. Pola Aliran Trellis
Pola aliran trellis adalah pola aliran yg menyerupai bentuk pagar yg umum dijumpai di perkebunan anggur. Ciri-ciri pola aliran trellis berasal dari sungai yg mengalir lurus di sepanjang lembah yg cabang-cabang nya berasal dari lereng yg curam dari kedua sisinya.
#Dunia Tambang

No comments:

Post a Comment

TOP ENTRIES

=

Klasifikasi Batubara

Batubara adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang hidup dan telah mati sejak 100-400 juta tahun yang lalu. Energi ...

POSTINGAN POPULER